Translate

Jumat, 24 April 2015

PENGERTIAN (BATASAN) PSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI


Psikologi berasal dari istilah bahasa Inggris psychology. Kata psychology merupakan rangkaian dua suku kata yang berasal dari bahasa Yunani (Greek) yaitu: “psyche” yang berarti “jiwa” dan “logos” yang berarti “ilmu”. Dengan demikian, psikologi berarti ilmu yang mempelajari tentang jiwa (Syah,2000). Namun psikologi dalam bahasan ini, lebih fokus mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan. Gejala-gejala kejiwaan yang di pelajari itu disebut “tingkah laku”. Dengan demikian maka psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, khususnya tingkah laku manusia. Psikologi, mempelajari tingkah laku manusia, baik yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang tampak artinya dapat diamati, seperti gerak dan perbuatan, sedangkan tingkah laku yang tidak tampak tidak dapat diamati, seprti perasaan, pikiran, motivasi, reaksi, dan sebagainya.

Istilah psikologi dan ilmu jiwa, pada mulanya sering digunakan secara bergantian, karena dianggap memiliki kesamaan arti. Namun, akhir-akhir ini setelah psikologi berkembang luas dan berdiri sendirisebagai disiplin ilmu, maka istilah “psikologi” dibatasi pada hal-hal yang bersifat ilmiah saja, objek yang dapat diamati, dicatat, dan diukur. Sedangkan istilah “ilmu jiwa” pengertiannya lebih luas, yakni mencakup persoalan jiwa yang selalu tidak bias di ilmiahkan, seperti ilmu ramalan nasib, perdukunan dan lain sebagainya.

Namun, sebelum psikologi menjadi disiplin ilmu yang mandiri, psikologi memiliki akar-akar yang kuat dalam ilmu kedokteran dan filsafat, yang hingga sekarang masih tampak pengaruhnya. Dalam ilmu kedokteran, psikologi berperan menjelaskan apa-apa yang  terpikir dan terasa oleh organ-organ biologis (jasmani). Sedangkan dalam ilmu filsafat, yang hakikatnya sebagai “ibu kandung” psikologi, berperan serta dalam memecahkan masalah-masalah rumit yang berkaitan dengan akal, kehendak dan pengetahuan. Akibat adanya kontak dengan berbagai disiplin ilmu, maka berkembang berbagai macam definisi psikologi yang berbeda, di antaranya;

1.   Psikologi adalah ilmu mengenai kehidupan mental (the science of mental life).
2.   Psikologi adalah ilmu mengenai pikiran (the science of mind).
3.   Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku (the science of behavior).

Psikologi pada dasarnya mencakup lebih banyak bidang kehidupan diri organisme, baik manusia maupun hewan. Dalam hal ini, psikologi lebih memfokuskan penyelidikan terhadap perilaku, yakni bagaimana dan mengapa suatu perilaku itu dilakukan. Akan tetapi secara khusus, psikologi lebih banyak dikaitkan dengan kehidupan organisme manusia. Menurut Gleitman (dalam Dalyono, 2001), bahwa psikologi dalam kaitannya dengan manusia, didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alas an, cara atau motivasi mereka melakukan suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka berpikir dan berperasaan.

Sedangkan psikologi menurut Bruno (1987), memiliki tiga bagian yang pada dasarnya saling berhubungan, yaitu :
1)  Psikologi adalah studi atau penyelidikan mengenai roh,
2)  Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental,
3)  Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme.

Batasan tentang psikologi juga dikemukakan oleh Crow dan Crow (1984), sebagai berikut; “psychology is the study of human behavior and human relationship. Berdasarkan batasan tersebut, menjelaskan bahwa yang dikaji atau dipelajari oleh psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya (lingkungan), baik interaksi antar sesame manusia maupun bukan manusia seperti; hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya.
Menurut Dimyati Mahmud (dalam Sri Rumini dkk, 1993), bahwa gejala-gejala kejiwaan yang merupakan tingkah laku secara umum dapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu : 1) Gejala pengenalan (kognitif), 2) Gejala perasaan (afektif), 3) Gejala kehendak atau psikomotorik (konatif), dan 4) Gejala campuran (kombinasi).

Daftar pustaka :
Islamuddin, Haryu, 2012, Psikologi Pendidikan,  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar